Cara Menjadi Bloger Pemula yang Baik

Standar

Tulisan ini adalah apresiasai saya terhadap teman-teman bloger pemula lainnya, seperti halnya saya yang baru beberapa bulan lalu memutuskan bergabung dengan dunia maya. Dunia tanpa batas, ya…dimana saja kita mau jalan, sekali klik..langsung deh kita berada di Amerika, atau bahkan di dunia manapun yang kita suka.

 

Bertanya adalah langkah awal saya terjun di dunia blogging, caranya? lewat internetlah, berkunjung ke semua situs yang menyediakan tutor seputar dunia blogging, saya lebih senang dengan tutor untuk pemula, karena para senior kita pasti menyesuaikan penyajiannya sesuai dengan kebodohan kita hahaha…

 

Rajin-rajin berkunjung, bolak-balik ke satu situs yang sama sering saya lakukan, hal itu demi mengakrabkan diri saya dengan pemilik blog, pepatah tak kenal maka tak sayang, sangat berlaku disini. Makin rajin memberikan komentar tentu makin dikenal, dan pastilah kita akan direspon dengan baik. Saya tidak pernah malu mengakui kalau saya adalah pemula, karena dengan itu saya malah dibantu atau di support. Tidak perlu malu untuk melakukan perburuan ilmu ngeblok karena dari saitulah kita bisa tahu dan siapa tahu jadi lebih pandai bukan? hehe..beberapa teman blog saya bahkan makin melejit, dan itu tentu punya resep sendiri yang mereka dapatkan juga dari sharing dengan bloger senior, berguru pada yang lebih pintar tentu lebih baik tapi sharing dengan sesama pemula juga tidak merugikan diri kita sendiri, bahkan kadang kita mendapatkan jawaban dari kebodohan kita dari sana. Seperti saya inilah..sampai sekarang masih merasa belum bisa apa-apa kecuali sekedar menulis dengan hati…tulis apa saja karena saya yakin pelan-pelan kita bisa menemukan karakter tulisan kita, menjadi diri sendiri adalah target saya dalam bloger, diri sendiri dalam bentuk penciptaan karakter blog saya tentunya. Dan itu semua hanya bisa tercapai dengan keja keras dan tak kenal malu hikhikhik..ya..harus berani malu…karena sebenarnya menurut saya, menjadi seorang bloger sebenarnya adalah narsis dalam bentuk lain…dan narsis itu biasanya lebih dekat ke bloger pemula hehehe…seperti saya inilah..tapi apa benar ngeblok sama dengan narsis? sebagian orang memang memanfaatkan bagian itu tapi sebagian lainnya ngeblok untuk rekreasi dan bersenang-senang, sambil melahirkan tulisan-tulisan dari yang bermutu sampai tulisan sampah. Dan bagi saya, tulisan di blog, entah itu bermutu atau tidak pada akhirnya menjadi bagian dari perbaikan diri kita dalam mengembangkan diri untuk lebih baik..dan kita akan belajar dan terus belajar.

 

Menjadi bloger pemula memang banyak suka dukanya, karena kadang kita tidak mendapatkan respon yang baik dari bloger senior lainnya, kenapa bisa? nggak percaya? bisa kok sobat bloger pemula ngerasaain sendiri, tapi pasti banyak juga yang mendukung kok, dan memberikan apresiasi bloger pemula seperti kita nih…jadi asik aja karena setelah itu kita pasti mulai di tengok bahkan disapa dengan komentar yang membangun dan mencerahkan. Jadi tidak ada masalah dengan sebutan bloger pemula bagi saya, karena itu masih lebih baik, setidaknya kita sudah punya rumah sendiri di dunia maya, di dunia blogging.

 

Jadi…Ayo…beranilah jadi bloger pemula, karena sebenarnya para senior di atas pun mengawali langkahnya dari bloger pemula…



Tinggalkan Balasan

