Bahasa Indonesia

Standar

OPINI TENTANG PERENCANAAN PENULISAN SANGAT MEMPENGARUHI KUALITAS TULISAN YANG DIHASILKAN

Untuk mendapatkan kualitas tulisan yang baik maka penulis perlu melalui tiga tahapan utama dalam menulis yaitu tahap persiapan , tahap penulisan naskah awal dan tahap koreksi . manfaat luar biasa dari menulis ternyata bisa didapatkan pada tiap tahapan menulis .
Langkah pertama dalam menulis adalah menentukan tujuan dari tulisan yang akan dihasilkan tersebut yaitu meyakinkan pembaca , menghibur pembaca , menceritakan secara kronologis sebuah peristiwa , ataupun menjelaskan sebuah proses . Tujuan ini juga dapat membantu penulis untuk menjadi lebih fokus dalam upaya mencapai tujuan dan lebih terarah dalam mengembangkan topik yang akan ditulisnya ( sehingga tidak melantur ) . setelah tujuan ditetapkan , langkah berikutnya adalah mrngumpulkan data ataupun informasi yang cukup untuk membangun tulisannya . dari proses mengumpulkan informasi data yang diperlukan ini , penulis akan banyak menemukan informasi baru , cerita-cerita seru , contoh-contoh menarik dan pendapat yang beragam dari banyak orang . setelah informasi berhasil dikumpulkan , penulis akan menyusun kerangka dasar penulisan . Untuk melakukan hal ini diperlukan kemampuan untuk berfikir sistematis agar informasi yang disampaikan dapat dicerna dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca . Jadi langkah selanjutnya adalah penyuntingan rensi dan penulisan kembali untuk menyempurnakan hasil tulisan untuk tahap ini , seorang penulis perlu memeriksa kembali tulisannya dengan kritis dan objektif penulis perlu melakukan evaluasi menyeluruh untuk melihat kelemahan dari tulisannya dan mlakukan koreksi , yang diperlukan agar tulisannya menjadi lebih baik dan berkualitas .
Dalam menulis jangan ada unsure keterpaksaan karena tulisan yang ditulisnya dapat dipastikan kualitasnya diragukan . baik itu kualitas cara penulisannya maupun isinya karena tidak dilandasi spirit , visi-misi dan tanggung jawab moral . idealnya tullisan yang baik seharusnya mengandung nilai-nilai luhur , bervisi yang dapat dipertanggung jawabkan secara moral atau akademis sehingga bermanfaat bagi pembacanya .
Dari uraian diatas sudah jelas bahwa perencanaan penulisan sangat mempengaruhi kualitas tulisan yang dihasilkan karena penulisan tersebut dalam pembuatannya melalui tahapan-tahapan yang sudah ditentukan , sehingga menghasilkan tulisan yang baik dan berkualitas bagi pembaca yang menikmatinya .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s